• Tentang Psikologi UGM
  • CICP
  • CPMH
  • UPAP
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Lokasi
  • Paket Layanan
    • Individu Dewasa
    • Individu Anak
    • Pendidikan dan Sekolah
    • Tes Kognitif AJT
    • Pasangan, Rumah Tangga, dan Keluarga
    • Korporasi
  • Alur Layanan
  • Galeri
  • Beranda
  • Berita
  • Pendidikan Penuh Cinta Untuk Anak Gifted

Pendidikan Penuh Cinta Untuk Anak Gifted

  • Berita
  • 2 December 2012, 06.56
  • Oleh:
  • 0

Seminar pendidikan penuh cinta untuk anak gifted diselenggarakan oleh Unit Konsultasi Psikologi Fakulktas Psikologi UGM di ruang auditorium Fakulktas Psikologi UGM (30/11/2012). Materi yang disampaikan Dr. MG. Adiyanti tentang mengenal anak gifted dilanjutkan oleh  Dr. Wisjnu Martani dengan materi penanganan anak gifted. Sesi terakhir pendidikan anak gifted dibawakan oleh narasumber wakil Disdikpora Yogyakarta dan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Peserta seminar berjumlah 50 orang terdiri dari guru TK & SD, orangtua serta psikolog. Mereka antusias mengikuti setiap sesi seminar yang didampingi moderator  Yuli Fajar Susetyo, Msi dan  Edilburga W. Saptandari,M.Psi.

Anak-anak gifted memang bukan anak biasa. Di dalam kurva normal, mereka tidak terletak di tengah melainkan di ujung kanan. Ini berarti, anak-anak tersebut memilki kemampuan di atas normal. Mereka memiliki potensi intelektual yang besar untuk dikembangkan dengan stimulasi dan wadah khusus. Namun sayangnya kehadiran anak-anak gifted seringkali tidak disadari oleh orangtua, guru, dan masyarakat.

Dr. MG. Adiyanti – Psikolog perkembangan anak Fakulkas Psikologi UGM memaparkan bahwa anak yang mempunyai potensi atau menunjukkan tingkat keberhasilan dalam satu area atau lebih dibanding teman-temannya jumlahnya kira-kira 5% dari populasi murid. Karakter anak gifted umunya belajar mudah dan cepat, mampu berpikir abstrak dan kritis, bersikap perfeksionis, menunjukkan sikap mandiri dan non konformis, kesadaran dirinya tinggi, dan cenderung berelasi dengan orang-orang diatas usianya.

Anak gifted pada mulanya dilihat sebagai anak yang memiliki kecerdasan tinggi dan prestasi sekolah yang baik. Namun ternyata permasalahan menjadi lebih komplek karena ada data yang menemukan mereka memiliki kesulitan dalam belajar. Anak gifted berbakat perlu mendapatkan stimulasi pendidikan sesuai dengan tingkat kemampuannya. Hanya 1, 2 siswa berbakat mendapat pendidikan yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. “Pendidikan anak gifted seyogyanya memenuhi kebutuhan intelektual, emosi, dan sosial”, terangnya saat menjadi narasumber seminar pendidikan penuh cinta untuk anak gifted.

Berita Terakhir

  • Menangkal Informasi Tak Terbatas dan Melampauinya
  • Booth UKP UGM dalam Kegiatan Pameran PKM Fakultas Psikologi di GIK UGM
  • Booth UKP UGM dalam Kegiatan Psyexpo: Dies Natalis Ke-60 Fakultas Psikologi
  • Talkhow Pencegahan & Pertolongan Pertama Kasus Bunuh Diri dalam Kegiatan Psyexpo: Dies Natalis Ke-60 Fakultas Psikologi
  • No-Buy Challenge: Resolusi Awal Tahun yang Patut Dicoba!
Universitas Gadjah Mada

Unit Konsultasi Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas Gadjah Mada
Gedung D lantai 2
Jl. Sosio Humaniora Bulaksumur Yogyakarta 55281 Indonesia
 +62(274)550435 ext 131 | +62 857 5916 1581
 +62(274)550435 ext 158
ukp.psikologi[at]ugm.ac.id | ukpugm[at]gmail.com
 instagram.com/ukpugm

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju